Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Yahweh telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Putra Yahweh?

Thursday, July 9, 2015

YESUS KRISTUS ADALAH HAKIM YANG ADIL

"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Putra Yahweh, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:" (Wahyu 2:18).

Firman Tuhan mengatakan kepada kita, bahwa segala tulisan yang diilhamkan oleh Tuhan, bermanfaat untuk mengajar kita, menyatakan kesalahan kita, memperbaiki kelakuan kita, dan mendidik kita di dalam kebenaran. "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik." (2 Timotius 3:16-17). Kita juga diingatkan oleh Firman Tuhan, bahwa Tuhan akan membinasakan setiap orang yang menambahi Firman Tuhan dan mengurangi Firman Tuhan. Sebab Firman Tuhan adalah murni dan menjadi perlindungan bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Kitapun menyadari bahwa hidup kita bergantung hanya kepada Firman Tuhan. Sebab Firman Tuhan menguduskan kita. Oleh sebab itu, kita sangat memerlukan Roh Kudus, yang memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran. "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku." (Yohanes 16:13-14).

Kepada malaikat jemaat di Tiatira, Tuhan kita Yesus Kristus, menyatakan diri sebagai Putra Yahweh. "Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman." (Yohanes 6:37-40). Hal ini menyatakan kepada kita, bahwa jemaat Tiatira mengaku dan percaya bahwa Yesus Kristus adalah Putra Tunggal Yahweh, yang mengasihi mereka dan menyerahkan nyawa-Nya bagi mereka, serta telah menebus mereka dengan darah-Nya yang suci dan mulia. Jemaat Tiatira hidup di dalam kemenangan dari pada Tuhan Yesus Kristus. Mereka mengasihi Tuhan Yesus Kristus, dengan mentaati perintah-perintah-Nya. Dan pengakuan jemaat Tiatira ini adalah berasal dari Bapa di Sorga. Pengakuan ini menyatakan, bahwa jemaat Tiatira didirikan oleh Tuhan Yesus Kristus di atas diri-Nya sendiri. Betapa kuat dan kokohnya, jemaat Tiatira ini. "Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." (Matius 16:17-19). Bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan Yang Maha Kuasa dan Hakim Yang Adil pada hari kiamat adalah kebenaran yang kekal dan tidak terbantahkan. Iblislah dan anti-Kristuslah yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan.

Dan selaku jemaat dari pada Tuhan Yesus Kristus, kita tidak dapat menyembunyikan diri dari Tuhan. Justru kita harus memberi pertanggungan jawab kepada-Nya, atas setiap anugrah yang telah Tuhan Yesus Kristus karuniakan kepada kita masing-masing. Dan terutama sekali, anugrah keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Oleh sebab itu, biarlah kita memberi diri dipimpin oleh Roh Kudus. Kita tunduk kepada pimpinan Roh Kudus. Kita berjalan dalam terang Firman Tuhan. Sebab Firman Tuhan menyatakan kepada kita: "Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus. Sebab kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal, bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu, yang mula-mula diberitakan oleh Tuhan dan oleh mereka yang telah mendengarnya, kepada kita dengan cara yang dapat dipercayai, sedangkan Tuhan meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karena Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya." (Ibrani 2:1-4). Dan lagi Firman Tuhan juga menunjukkan kepada kita: "Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Tuhan menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut. Sebab Tuhan kita adalah api yang menghanguskan." (Ibrani 12:28-29). 

Jadi biarlah kita mempersembahkan diri kita sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Tuhan Yesus Kristus. Sebab Tuhan kita Yesus Kristus menghendaki anak-anak-Nya hidup dalam kekudusan-Nya dan kebenaran-Nya di akhir zaman, untuk menyongsong Dia datang kembali, dengan segala kekuasaan-Nya dan kemuliaan-Nya. Marilah menyiapkan diri untuk menyongsong kedatangan Yesus Kristus, Hakim Yang Adil, pada hari kiamat.

No comments:

Post a Comment