Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Yahweh telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Putra Yahweh?

Tuesday, January 24, 2012

KARUNIA MAHKOTA KEHIDUPAN

Menjadi seorang pengikut Tuhan Yesus Kristus yang sejati, pasti mengalami dua hal: iman yang berkuasa dan penderitaan karena Nama Tuhan Yesus Kristus. Namun Firman Tuhan berkata kepada kita: "Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu." (1 Petrus 4:14). Jadi kita tidak dapat mengambil salah satu, karena dua hal tersebut adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan. "Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut. Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan." (Ibrani 12:28-29).

Hal ini dialami oleh Jemaat Tuhan Yesus Kristus di Smirna. Kita dapat memperhatikan dari Firman Tuhan berikut ini: "Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan." (Wahyu 2:10). Sangatlah jelas, bahwa Jemaat Tuhan Yesus Kristus dalam kitab Wahyu ini, mengalami penderitaan yang begitu berat, karena mereka berjuang dalam memperjuangkan iman mereka di dalam Tuhan Yesus Kristus. Mereka tidak mau iman mereka di dalam Tuhan Yesus Kristus, kandas. Dan Tuhan Yesus Kristus menyatakan, bahwa penderitaan yang mereka alami, adalah perbuatan Iblis. Sebab Iblis tidak senang Jemaat Tuhan Yesus Kristus di Smirna beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. Jadi barangsiapa yang menciptakan penderitaan bagi umat Tuhan Yesus Kristus, adalah Iblis; sudah tersedia hukuman bagi mereka dari Tuhan Yesus Kristus, Hakim Yang Adil itu: neraka kekal. Juga barangsipa yang memakai Alkitab yang adalah Firman Tuhan Yesus Kristus untuk melawan Tuhan Yesus Kristus dan umat-Nya, mereka adalah Iblis; hukuman dari Tuhan Yesus Kristus, Hakim Yang Adil adalah pasti: kebinasaan kekal. Dan mengapa Tuhan Yesus Kristus mengijinkan semua ini terjadi pada Jemaat-Nya, yang Dia dirikan di atas diri-Nya sendiri, sehingga alam maut tidak dapat menguasainya? Sebab:

1. Tuhan Yesus Kristus ingin mereka setia sampai mati dan menerima karunia mahkota kehidupan dari Tuhan Yesus Kristus.
"Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya." (2 Timotius 4:7-8).
"Katanya kepada orang itu: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba yang baik; engkau telah setia dalam perkara kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota." (Lukas 19:17).
"Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya." (1 Petrus 2:21).

2. Tuhan Yesus Kristus ingin, bahwa Jemaat-Nya tetap memperhatikan upah yang kekal dalam Kerajaan Sorga.
"Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal." (2 Korintus 4:17-18).
"Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah." (Ibrani 11:26).
"Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan." (Kolose 3:1-4).

3. Tuhan Yesus Kristus ingin, bahwa Jemaat-Nya mengalami kemenangan iman yang penuh kuasa atas penderitaan yang dialami.
"Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak, sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka." (Matius 25:3-4). Kita harus berjaga-jaga dan berdoa senantiasa.
"Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia. Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun." (Roma 14:17-19). Kita melayani Tuhan Yesus Kristus dengan setia dan dengan cara yang berkenan kepada-Nya.
"Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat." (Roma 13:10). Kita berbuat kasih kepada sesama manusia, sesuai dengan kehendak Tuhan Yesus Kristus, Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

4. Tuhan Yesus Kristus menghendaki, bahwa Jemaat-Nya mencapai kesempurnaan di dalam Dia. Dan karena itu iman kita harus bertumbuh, sesuai dengan Firman Tuhan ini:
"Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya, sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan...Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik." (2 Timotius 3:12-13,15-17).
" . . . sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala." (Efesus 4:13-15).

5. Tuhan Yesus Kristus menghendaki, bahwa Jemaat-Nya mendapat bagian dalam kekudusan-Nya.
"Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya. Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya." (Ibrani 12:10-11).

Jadi penderitaan oleh karena Nama Tuhan Yesus Kristus adalah salah satu perkara yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan iman kita di akhir zaman ini, sehingga kita lebih mengasihi dan mengutamakan Tuhan Yesus Kristus di atas segalanya. Karena itu marilah kita bersandar kepada Tuhan Yesus Kristus, Allah Maha Besar. Dialah Hakim Yang Adil pada hari kiamat. Barangsiapa yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. AMEN!!! Marilah kita selalu berdoa untuk mohon penyertaan Allah Roh Kudus dalam hidup kita. Sebab inilah yang dikehendaki Tuhan Yesus Kristus bagi kita. "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu." (Yohanes 14:16-17).
"Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya." (1 Petrus 5:10).

Ingatlah ini selalu: "Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!" "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya." (Wahyu 22:11-12).
HALELUYAH!!!

Salam dan doa,

No comments:

Post a Comment