Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Yahweh telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Putra Yahweh?

Sunday, August 4, 2013

YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN

Sangat jelas bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Yesus Kristus berkata bahwa Dia adalah Yang Awal dan yang Akhir. Itu berbicara bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Itulah yang sempurna. Sempurna kebenarannya. Kolose 1:15-17 berkata : " Ia adalah gambar Tuhan yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. " ( Kolose 1:15-17 ). Ayat itu mengajarkan bahwa Yesus Kristus adalah menyatakan Bapa Yahweh kepada manusia. Yesus Kristus adalah Tuhan. Yang sulung dan lebih utama dari segala yang diciptakan adalah pernyataan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Hanya Tuhan yang telah dan dapat menciptakan segala sesuatu. Wahyu 3:14 : " Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Tuhan: ". Yesus Kristus adalah permulaan dari ciptaan Tuhan berarti Yesus Kristus adalah penyebab / pencipta dari ciptaan Tuhan. Yesus Kristus adalah Penguasa ciptaan Tuhan. Yesaya 41:4 & 44:6 berkata : " Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, Yahweh, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga. ...Beginilah firman Yahweh, Raja dan Penebus Israel, Yahweh semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Tuhan selain dari pada-Ku. " Yesus Kristus bersabda : " Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Yahweh, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa. " ( Wahyu 1:8 ). Ayat - ayat ini telah menjelaskan dan menerangkan kepada kita bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan.
Gereja dalam bahasa asli berarti persekutuan manusia yang percaya dan setia kepada Tuhan Yesus Kristus. Gereja Yesus Kristus adalah satu tubuh dan dalam satu tubuh ada banyak anggota tubuh. Kejadian 1:26 berkata : " Berfirmanlah Tuhan : "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Bapa dan Yesus dan Roh Kudus bekerja bersama dalam penciptaan manusia. Dalam bahasa Ibrani ( bahasa asli Alkitab ) Tuhan itu Esa dan dalam keesaan-Nya ada tiga oknum Tuhan, Bapa dan Yesus dan Roh Kudus. Iman kepada Yesus Kristus adalah Tuhan adalah iman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Iman kepada Tuhan senantiasa di atas logika manusia. Itulah bukti nyata bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan Yang Maha Kuasa.
Tuhan menetapkan bahwa kita harus memberikan yang terbaik kepada - Nya. Yesus Kristus bersabda : " Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu." ( Lukas 6:38 ). Memberi yang menyenangkan Tuhan. Itu adalah berkat dan pelayanan dan mendatangkan upah yang kekal dalam sorga.Tuhan memberkati umat - Nya yang memberi kepada - Nya dengan iman dan sukacita Tuhan. Yesus Kristus bersabda : " Kata Yesus kepada mereka : "Jikalau Tuhan adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Tuhan. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku. Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku. Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. Tetapi karena Aku mengatakan kebenaran kepadamu, kamu tidak percaya kepada-Ku. Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku? Barangsiapa berasal dari Tuhan, ia mendengarkan firman Tuhan; itulah sebabnya kamu tidak mendengarkannya, karena kamu tidak berasal dari Tuhan." (Yohanes 8:42-47). Yesus Kristus bersabda : " Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman. " ( Yohanes 6:37-40 )...Jawab Yesus kepada mereka: "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. " ( Yohanes 7:16 )... Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu." ( Yohanes 10:27-30 ). Yesus Kristus mengatakan bahwa Dia telah turun dari sorga untuk melakukan kehendak Bapa - Nya di Sorga. Firman - Nya adalah ajaran - Nya berasal dari Bapa. Itu adalah penyataan Yesus yang memuliakan Bapa. Orang Kristen dan semua bangsa diperintahkan oleh Yesus Kristus untuk menyembah Yesus Kristus saja. Oleh karena Yesus Kristus adalah Tuhan.
Kristen berarti pengikut Yesus Kristus oleh karena Yesus Kristus adalah Tuhan yang telah menyelamatkan mereka dari dosa dan api neraka. Bapa mengutus Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia yang percaya kepada Yesus Kristus dari dosa dan api neraka. Mengutus Yesus berarti di dalamnya menjelma menjadi manusia. Bangsa Yahudi menerima nubuatan tentang Yesus Kristus dari Musa dan telah digenapi oleh Yesus Kristus. Yesus Kristus bersabda : " Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi." ( Lukas 24:44-49 ). Bapa sudah menunjukkan kepada bangsa Israel dan semua bangsa bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan atas semua bangsa. Yesus Kristus mengajarkan bahwa banyak orang dari segala bangsa yang menyembah Dia adalah Tuhan, diselamatkan dari dosa dan memiliki kehidupan kekal di dalam sorga. Yesus Kristus bersabda : " Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan. Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Tuhannya dan ia akan menjadi anak-Ku. Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua." ( Wahyu 21:6-8 )...Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir." Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu. Tetapi anjing-anjing dan tukang-tukang sihir, orang-orang sundal, orang-orang pembunuh, penyembah-penyembah berhala dan setiap orang yang mencintai dusta dan yang melakukannya, tinggal di luar. Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang. " ( Wahyu 22:12-16 ). Kristen artinya pengikut Yesus Kristus. mengapa mengikuti Yesus Kristus ? Oleh karena Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia. Mengikut Yesus Kristus berarti menyembah Yesus Kristus dan itu dinyatakan di dalam melakukan perintah - perintah - Nya di dalam Alkitab. Amin.